Vinkmag ad

23 Mal di Kota Bandung Kembali Beroperasi Mulai Hari Ini

23 Mal di Kota Bandung Kembali Beroperasi Mulai Hari Ini

Merdeka.com – Pemerintah Kota Bandung mengizinkan 23 mal kembali beroperasi pada hari ini, Senin (15/6). Meski demikian, ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi sebagai antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

Izin operasi puluhan mal tersebut berdasarkan Peraturan Wali Kota Bandung nomor 34 tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB Proporsional. Dalam Pasal 11 tertuang bahwa Pemerintah Kota Bandung kembali mengijinkan beberapa sektor beroperasi kembali termasuk mal.

Kebijakan ini sudah melalui kajian para ahli dan usulan dinas terkait, meski kebijakan PSBB Proporsional dilanjutkan hingga 26 Juni 2020. Namun, ada sejumlah hal yang harus dipatuhi oleh pengelola mal.

Mulai dari membatasi jumlah pengunjung paling banyak 30 persen dari kapasitas ruangan, sekaligus memastikan semua ruangan termasuk ruang kerja dalam keadaan bersih.

Wali Kota Bandung Oded M Danial dalam Perwal tersebut pun menyatakan pengelola mal yang beroperasi di tengah PSBB Proporsional harus melengkapi protokol kesehatan kepada karyawan. Semua harus disiplin mengenakan masker, menjaga kebersihan dengan cuci tangan atau hand sanitizer dan menjaga jarak.

Kemudian, terkait aturan khusus, dalam pasal 11, ayat 9, tertuang bahwa pihak manajemen mal diharapkan melengkapi karyawan dengan face shield dan sarung tangan.

“Seluruh karyawan wajib menggunakan face shield, masker dan sarung tangan. Tidak diperbolehkan menyediakan fitting room. Tidak diperbolehkan ada great sale yang barangnya disimpan dalam keranjang,” tulis Oded.

Pemkot Bandung meminta manajemen mal bisa mengatur jumlah kapasitas lift dan eskalator berdasarkan protokol pencegahan Covid-19. Kemudian, ruang isolasi serta mobil ambulans juga diharuskan ada di setiap mal.

“Harus ada pegawai yang mengatur kapasitas penggunaan lift dan eskalator. Harus menyediakan ruang isolasi. Harus menyediakan mobil ambulans yang dipakai setiap saat apabila diperlukan,” ucap Oded. [noe]

BACA JUGA  Blasteran Prancis, Inilah 10 Potret Transformasi Hannah Al Rashid

Sumber: Merdeka

Vinkmag ad

Read Previous

Gempa 5,3 SR Guncang Maluku Utara, Masyarakat Diminta Tenang

Read Next

Polemik Suplayer BPNT di Tulungagung, Bupati Janji Akan Cepat Ambil Sikap