Sekda Taliabu Maluku Utara Jadi Pasien Covid-19 Pertama Sembuh

Merdeka.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut), Salim Ganiru menjadi pasien Covid-19 pertama asal kabupaten itu yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasilbtes usap PCR.

“Sesuai hasil pemeriksan yang dikirim dari Laboratorium Patologi Klinik RSU dr. Chasan Boesoirie Ternate. Senin (26/10), pasien pertama Covid-19 asal Pulau Taliabu, Salim Ganiru dinyatakan sembuh Covid-19,” kata Sekretaris Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu, Sutomo Teapon dihubungi dari Ternate, Selasa (27/10).

Dia mengatakan, Dr. Salim Ganiru akhirnya dinyatakan sembuh, setelah menjalani perawatan di RSUD dr Chasan Boesoeirie Ternate semenjak pekan lalu dan alhamdulillah, selama masa observasi, tidak ditemukan gejala dan tanda infeksi Coronavirus Disease (Covid-19) sehingga dinyatakan sehat atau sembuh.

Sutomo menjelaskan bahwa metode PCR atau Polymerase Chain Reaction yang dipakai dalam pemeriksaaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetic dari sel, bakteri maupun virus, sehingga pemeriksaan diagnostic ini yang dianggap paling akurat untuk memastikan terkonfirmasi menderita Covid-19 atau tidak.

“Menggunakan metode PCR untuk mendiagnosa Covid-19 tentu memberikan hasil yang akurat, terlebih di bawah dokter berpengalaman seperti dr. Dwi Handoko (spesialis paru),” ujarnya.

Dr. Salim Ganiru telah dinyatakannya sembuh, namun dirinya mengaku masih terus berkoordinasi dengan Ketua Satuan Tugas Kabupaten Pultab, Pjs Bupati, Drs Maddaremeng untuk memberikan keterangan lebih lanjut.

“Saya masih menunggu arahan Bapak Pjs Bupati, sehingga untuk keterangan lebih lanjut, kita menunggu arahan Pjs Bupati,” katanya.

Secara terpisah, Dr. Salim Ganiru ketika dikonfirmasi mengungkapkan bahwa dirinya sudah sembuh secara total dan tidak merasakan gejala seperti pada umumnya pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Saya sudah sembuh total, dan sudah diperbolehkan untuk melakukan aktivitas seperti biasa,” ujarnya.

BACA JUGA  Gelora Jakabaring Jadi Venue Piala Dunia U-20, Pengelola Sudah Siap

Dirinya menyampaikan ucapan sebesar-besarnya atas segala perhatian dan dukungan yang diberikan terhadapnya.

“Terima kasih kepada Pemda Taliabu, Dirut RSU Chasan Boesoerie Ternate, Kadis Kesehatan Provinsi Malut dr Idhar Sidi Umar, Kadis Kesehatan Taliabu Kuraysia Marsyaoly dan lebih khusus para peramedis yang setiap hari merawat di bawah komando dr. Handoko,” ujarnya. [gil]

Sumber: Merdeka

admpintas

Read Previous

Terima Bayaran Rp 88 Miliar, Khabib Nurmagomedov Patahkan Rekor McGregor

Read Next

Fahrurrozi Meninggal karena Covid-19, FPI Kehilangan Ulama dan Tokoh Betawi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *