5 Skill yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis ala KDrama ‘Start-Up’ 

5 Skill yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis ala KDrama 'Start-Up' 

Siapa yang tak kenal KDrama Start-Up‘? Drama baru yang tayang di tvN dan Netflix ini dibintangi oleh Suzy dan Nam Joo Hyuk. Selain pemainnya yang terkenal, ternyata drama Korea yang satu ini juga banyak memiliki nilai-nilai yang bagus lho.

Apalagi buat kamu yang mau membangun bisnis atau perusahaan rintisan layaknya Nam Joo Hyuk dalam drama ini, maka drama ini perlu banget buat kamu tonton.

Salah satunya adalah skill atau kemampuan yang perlu banget kamu punya kalau mau mendirikan bisnis. Kira-kira apa saja ya?

1. Skill kepemimpinan untuk fondasi tim

Instagram.com/tvndrama.official/

Memiliki kemampuan memimpin penting untuk membangun bisnis. Leadership ini dibutuhkan apalagi untuk seorang CEO (chief executive officer) untuk bisa membantu tim dalam perusahaan memecahkan masalah, membuat keputusan yang adil dan sebagainya. Kalau kamu punya leadership yang bagus juga akan berguna untuk bisa memahami empati karyawan kamu.

2. Pentingnya punya pengalaman kerja

5 Skill yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis ala KDrama 'Start-Up' Instagram.com/tvndrama.official/

Dengan mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan orang lain, kamu akan bisa menempatkan sudut pandang sebagai karyawan nantinya. Sehingga sebagai seorang pemimpin kamu juga bisa memahami karyawan kamu nantinya. Pengalaman kerja juga membantu kamu untuk lebih bisa berpandangan luas karena memiliki pengalaman tertentu. 

Baca Juga: 6 KDrama yang Dibintangi Kim Do Wan, Tim Pengembang Suzy di ‘Start-Up’

3. Networking atau relasi kerja

5 Skill yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis ala KDrama 'Start-Up' Instagram.com/tvndrama.official/

Networking atau relasi penting untuk membuat perusahaan kamu bisa dikenal hingga mendapatkan pendanaan. Sebagai perusahaan, menjalin kerja sama yang baik denagn perusahaan lain adalah modal yang bagus.

Relasi ini juga penting untuk kamu sebagai individu. Kamu bisa mengikuti berbagai komunitas dengan minat yang sama. Modal sosial ini akan sangat berguna untuk membentuk bisnis kamu nantinya. Ada pepatah mengatakan, siapa saja bisa menjadi klien kamu ketika berbisnis!

BACA JUGA  Tanpa Koordinasi, Kehadiran Vaksin COVID-19 dari China Bikin Kaget DPR

4. Menemukan mentor yang tepat

5 Skill yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis ala KDrama 'Start-Up' Instagram.com/tvndrama.official/

Seorang guru atau mentor berperan penting untuk kamu sebagai individu. Dengan menemukan mentor yang tepat, kamu bisa dibimbing dan melambungkan bisnis kamu nantinya. Mentor ini tidak hanya berperan sebagai ‘tempat curhat’ tapi juga sebagai orang yang bisa memberikan kamu kritik, saran hingga diskusi mengenai bisnis. 

Membangun bisnis tidaklah mudah, peran mentor ini juga bisa memberikan ide dan pandangan lain. 

5. Memiliki tim yang solid

5 Skill yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis ala KDrama 'Start-Up' Instagram.com/tvndrama.official/

Bisnis tidak akan bisa besar jika hanya kamu sendiri. Butuh dukungan dari tim yang kuat dan solid agar bisa bertahan dan terus berkembang. Oleh karenanya peran komunikasi, saling percaya, dan menghargai adalah kunci sukses agar memiliki tim yang solid untuk membangun bisnis. Hal sederhana adalah menghargai perbedaan sifat hingga panggilan yang menghormati untuk sesama anggota tim.  

6. Berani mengambil keputusan yang berisiko

5 Skill yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis ala KDrama 'Start-Up' Instagram.com/tvndrama.official/

Bisnis katanya penuh dengan keputusan tidak populer. Kadang bahkan pengambilan keputusan ini bisa sangat berisiko untuk bisnis kamu sendiri. Namun, kadang pengambilan keputusan ini juga bisa jadi turning point untuk melambungkan bisnis kamu ke depannya. Namun, sekalinya kamu ambil keputusan usahakan untuk tidak menyesalinya ya!

Itulah tadi tips membangun bisnis ala KDrama ‘Start-Up‘ yang bisa kamu tiru. Siapa nih yang semangat bangun bisnis gara-gara nonton drama Suzy dan Nam Joo Hyuk ini?

Baca Juga: ‘Start-Up’ Bukan Sekadar Drama Korea, 9 Hal yang Pebisnis Harus Tahu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Sumber: IDNTimes

admpintas

Read Previous

Fiersa Besari Buka Suara Usai Diblacklist dari Gunung Rinjani

Read Next

Bandara Adi Soemarmo, Wisata Murah Meriah dengan Penerapan Prokes Ketat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *