Ribuan Mahasiswa Ikut Kompetisi Sobat Bumi Pertamina Kategori Teori Sains

Ribuan Mahasiswa Ikut Kompetisi Sobat Bumi Pertamina Kategori Teori Sains

Suara.com – Sebanyak 12.799 mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia akan bertarung dalam “Kompetisi Sobat Bumi Pertamina” kategori Teori Sains. Mereka akan adu kemampuan menyampaikan inovasi gagasan pengelolaan energi terbarukan, yang akan dikembangkan Pertamina di Indonesia.

Pjs Vice President Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari mengatakan, kompetisi ini merupakan komitmen Pertamina untuk mendorong lahirnya sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan maju dalam membangun ketahanan, kemandirian dan kedaulatan energi nasional.

“Sesuai dengan visi Pertamina untuk terus mengembangkan energi terbarukan dengan mendayagunakan sumber daya alam domestik, maka perlu terus dikembangkan inovasi-inovasi dari seluruh komponen anak bangsa, terutama generasi milenial yang akan mejadi penerus dalam pengelolaan energi nasional,” ujarnya.

“Kompetisi Sobat Bumi merupakan bagian dari penerapan Sustainable Development Goals (SDGS) Goal 4, yaitu Quality Education, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” imbuh Heppy.

Baca Juga:
Berikan Pelayanan Terbaik, Pertamina Sabet 7 Penghargaan dari CCW APAC 2020

Sementara itu, Manager Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina, Dian Hapsari menambahkan, dalam penyelenggaraannya, Pertamina menggandeng Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) dan membagi kompetisi dalam 4 bidang, yaitu Kimia, Fisika, Matematika, dan Biologi.

“Kompetisi Sobat Bumi Pertamina memiliki dua tahapan seleksi, yaitu Seleksi Provinsi dan Seleksi Nasional,” tambahnya.

Seleksi provinsi, lanjut Dian, diselenggarakan pada 11-12 November 2020 secara daring dan serentak di 76 perguruan tinggi se-Indonesia, yang secara resmi dibuka oleh Pertamina secara daring pada Rabu, (11/11/2020).

Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc, Dekan FMIPA UI, Dr. Rokhmatuloh, M.Eng. dan para Dekan FMIPA yang tergabung dalam MIPA-Net Indonesia hadir dalam acara tersebut.

BACA JUGA  [Breaking] Bmkg: Gempa Bumi M 3.9 Di Sorong

Seleksi provinsi, yang merupakan babak penyisihan akan menghasilkan 40 peserta terbaik, yang mewakili 10 zona dari keempat bidang kompetisi, untuk diikutsertakan ke tahap seleksi nasional. Selain itu akan dipilih juga 28 peserta dari 7 nilai tertinggi di masing-masing bidang kompetisi, yang akan mendapatkan penghargaan sebagai juara provinsi.

Baca Juga:
Setelah B100, Pertamina Bakal Produksi Avtur Ramah Lingkungan

Berlangsung sejak Juni 2020
Kompetisi Sobat Bumi telah berlangsung sejak Juni 2020. Kompetisi yang ditujukan bagi pengembangan ide kreatif dan inovatif ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi energi di Indonesia, dengan menghadirkan dua kategori kompetisi, yaitu Kategori Proyek Inovasi Energi Baru dan Terbarukan (EBT) dan Kategori Teori Sains.



Source link

admpintas

Read Previous

Kemegahan Perayaan Diwali di India: Fakta Unik dan Maknanya

Read Next

NOTE Cosmetics dari Turki Kini Hadir di Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *