5 Pembalap Formula 1 Peraih Gelar Juara Dunia Termuda

5 Pembalap Formula 1 Peraih Gelar Juara Dunia Termuda

Melenggang sebagai juara dunia sebuah kejuaraan balap sebesar Formula 1 di akhir musim menjadi tujuan akhir setiap pembalap pada kompetisi tersebut. Untuk mewujudkannya pembalap perlu punya kemampuan mengemudi, mobil yang mumpuni serta elemen lain dalam tim yang baik pula.

Beberapa pembalap telah merasakan gelar juara dunia selama berkiprah di ajang balapan jet darat tersebut. Bahkan, ada yang mampu meraih gelar juara dunia untuk kali pertama di usia muda. Siapa saja mereka? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: 5 Pembalap F1 Ini Masuk Rekor Peraih Podium Termuda, Ada Vettel Juga!

1. Sebastian Vettel (23 Tahun dan 134 Hari)

motor1.com

Musim 2010 menjadi kenangan manis sekaligus loncatan besar dalam karier Sebastian Vettel. Dipromosikan ke Red Bull Racing dari Toro Rosso pada 2009, Vettel tak butuh waktu lama untuk meraih gelar juara dunia pertamanya sepanjang kariernya.

Bersaing ketat dengan Fernando Alonso yang kala itu memperkuat Ferrari, Vettel baru bisa memastikan gelar juara pada seri terakhir yang berlangsung di Abu Dhabi. Sebab, usai GP Brazil Vettel masih berada di posisi ketiga pada klasemen di belakang Alonso dan rekan setimnya Mark Webber.

Pada GP Abu Dhabi, Vettel berhasil menang sementara Webber dan Alonso hanya mampu finis di urutan ke-7 dan ke-8. Hasil tersebut mengantar pembalap asal Jerman itu meraih gelar pertamanya sekaligus menjadi juara dunia termuda sepanjang sejarah kompetisi hingga kini.

2. Lewis Hamilton (23 Tahun dan 300 Hari)

5 Pembalap Formula 1 Peraih Gelar Juara Dunia Termudaformula1.com

Mari kita kembali ke 2008. Sebuah cerita datang dari pemuda asal Inggris bernama Lewis Hamilton. Usai GP China yang dimenanginya, posisi Lewis masih belum aman dari kejaran Felipe Massa di klasemen pembalap. Penentuan gelar pun tersaji di GP Brazil.

BACA JUGA  Ruben Onsu Gelar Lomba 17an Bareng Karyawannya

Hasilnya, Felipe Massa melenggang mulus sebagai pemenang di seri terakhir. Sorak sorai terdengar dari garasi Ferrari sebelum akhirnya berubah 180 derajat. Lewis Hamilton sukses menyalip Timo Glock dan mengakhiri balapan di posisi kelima dan membuat garasi Ferrari terdiam.

Tambahan empat poin itu cukup membuat Hamilton unggul satu poin dari Felipe Massa, 98 poin berbanding 97 poin. Hamilton pun menyabet gelar juara dunia perdananya pada usia 23 tahun 300 hari.

3. Fernando Alonso (24 Tahun dan 59 Hari)

5 Pembalap Formula 1 Peraih Gelar Juara Dunia Termudamedia.renaultsport.com

Awal tahun 2000-an, Michael Schumacher bersama Ferrari menjadi pusat perhatian penggemar Formula 1 di seluruh dunia. Selama lima musim beruntun dari tahun 2000 hingga 2004 keduanya jadi dominasi tangguh yang sulit ditaklukkan oleh para pesaingnya.

Namun, cerita manis Schumi-Ferrari menemui akhirnya pada 2005. Fernando Alonso berhasil merusak dominasi besar Michael Schumacher dengan meraih tujuh kemenangan sepanjang musim itu.

Pembalap bernama lengkap Fernando Alonso Díaz itu menyabet gelar perdananya saat berusia 24 tahun dan 59 hari. Catatan itu menjadi yang termuda ketiga dalam catatan rekor Formula 1. Semusim kemudian, Alonso kembali mendapatkan mahkota juara dan menambah koleksinya menjadi dua gelar juara dunia.

4. Emerson Fittipaldi (25 Tahun dan 303 Hari)

5 Pembalap Formula 1 Peraih Gelar Juara Dunia Termudatwitter.com/Planet_F1

Sebagian besar dari kita mungkin belum lahir saat Emerson Fittipaldi meraih gelar juara dunia pertamanya di ajang Formula 1. Wajar saja, sebab gelar pertama pembalap berkebangsaan Brasil itu terjadi pada tahun 1972.

Pada musim itu, Fittipaldi berada dibalik kemudi Lotus 72 yang saat itu menjadi salah satu mobil terbaik di kompetisi. Ia pun bisa dengan sangat baik mengeluarkan kemampuan dirinya serta mobil yang ia pacu.

BACA JUGA  Sekitar 60 Klub Liga Rendah Inggris Terancam Gulung Tikar

Lima kemenangan dari 12 seri yang digelar pada musim itu dapat menyokongnya merengkuh gelar juara dunia pertama di kariernya sekaligus membantu Lotus mengunci gelar juara dunia konstruktor. Fittipaldi meraihnya kala berusia 25 tahun dan 303 hari. Catatan itu menjadi yang termuda sebelum akhirnya rekor itu dipatahkan Alonso pada tahun 2005.

5. Michael Schumacher (25 Tahun dan 314 Hari)

5 Pembalap Formula 1 Peraih Gelar Juara Dunia Termudatwitter.com/F1

Berbicara soal Michael Schumacher tentu tak bisa dilepaskan dari kisah suksesnya bersama Ferrari. Total lima gelar juara dunia berhasil dipersembahkan ayah dari Mick Schumacher selama berada di tim Italia tersebut.

Namun, untuk urusan gelar juara dunia perdana termuda, Schumi meraihnya saat bergabung di Benetton. Tahun 1994 adalah kali pertama Schumacher meraih gelar prestisius itu meski diiringi oleh kecurigaan timnya yang melakukan penyimpangan teknis serta indikasi Schumacher sengaja menabrak Damon Hill pada seri terakhir di Adelaide, Australia.

Schumacher pun kini patut berbangga. Sebab, sang anak Mick Schumacher kini meneruskan kiprahnya di ajang Formula 1. Dengan menjuarai Formula 2 musim 2020, Mick akan menjalani debutnya dengan memperkuat Haas F1 Team.

Itu tadi lima pembalap Formula 1 yang sukses menyabet gelar juara dunia perdana di usia muda. Apakah rekor mereka bakal dipatahkan di kemudian hari? Kita nantikan saja, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Mick Shumacher, Anak Michael Schumacher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Sumber: IDNTimes

admpintas

Read Previous

Hamil Besar, Asmirandah Curhat Sedih Tak Ditemani Suami

Read Next

Meski Gratis untuk Rakyat, Pemerintah Jangan Lupakan Mutu Vaksin Covid-19

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *