5 Ragam Kudapan Manis yang Unik dari Islandia, Bikin Terkesima!

5 Ragam Kudapan Manis yang Unik dari Islandia, Bikin Terkesima!

Islandia merupakan negara yang menjadi bagian dari benua Eropa dan seringkali dijadikan destinasi tujuan untuk berlibur, baik itu bersama teman ataupun keluarga.

Salah satu pesona Islandia yang tidak dapat ditampik adalah pemandangan indah dengan alam yang masih terjaga dan suasana tempat terutama saat bersalju.

Akan tetapi, selain pemandangan, Islandia juga memiliki kuliner-kuliner unik yang mendunia. Beberapa di antaranya merupakan hidangan ikonik yang dijadikan makanan wajib saat berkunjung ke sana.

Nah, berikut ini terdapat lima kudapan manis dari Islandia yang berbentuk unik dan memiliki rasa nikmat tak terelakan. Apa saja kudapan tersebut?

1. Ponnukokur

delishably / Kristjan Matthiasson

Ponnukokur adalah sebutan bagi pancake tradisional Islandia yang menjadi salah satu kudapan wajib saat melancong ke negara tersebut. Hidangan ini menjelma sebagai sajian menarik karena memiliki cukup banyak perbedaan dengan pancake yang biasa kita temui.

Pancake Islandia atau ponnukokur ini memiliki bentuk adonan yang lebar dengan permukaan sangat tipis, hampir menyerupai kulit dadar. Oleh sebab itu panekuk ini membutuhkan bahan tambahan yang biasanya diselipi tidak cuma dengan topping, tapi memakai isian pula.

Filling dan topping tersebut biasanya dibuat dengan menggunakan skyr, yaitu produk olahan susu khas Islandia yang acapkali disebut mirip seperti yoghurt Yunani. Teksturnya sangat lembut dan creamy, cocok disandingkan dengan kulit pancake yang tipis.

 

2. Vinarterta

5 Ragam Kudapan Manis yang Unik dari Islandia, Bikin Terkesima!vinarterta.ca

Vinarterta merupakan salah satu hidangan berlapis yang juga adalah kudapan otentik khas Islandia. Kue ini seringkali muncul di berbagai perayaan negara tersebut, mulai dari acara pernikahan sampai perayaan Natal.

Umumnya, vinarterta adalah kue lapis yang terdiri dari tujuh tingkat lapisan cake. Setiap layer akan dioleskan filling yang terbuat dari campuran buah plum kering dengan tambahan aneka rempah seperti kapulaga, kayu manis, dan cengkeh.

BACA JUGA  Dapat Kejutan dari Ashanty, 10 Momen Manis Ultah ke-21 Millen Cyrus

Meski didaulat sebagai kue klasik, namun saat ini vinarterta cukup banyak mengalami inovasi menjadi lebih modern, terutama dari segi isian. Salah satunya, banyak yang kini beralih memakai selai buah untuk isian dengan alasan proses pengolahannya yang lebih ringkas dan singkat.

Baca Juga: 6 Hal Menarik yang Ada di Islandia, Salah Satunya Tidak Ada Nyamuk!

3. Kleinur

5 Ragam Kudapan Manis yang Unik dari Islandia, Bikin Terkesima!Iceland Food Centre

Kleinur adalah hidangan lain asal negara di Eropa tersebut yang bisa dibilang sangat unik dan berbeda. Dalam pengertiannya sendiri, kleinur dapat diartikan sebagai donat khas Islandia. Sesuatu yang membuat donat asal negeri ini berbeda dari kebanyakan donat biasa terletak pada bentuknya.

Kleinur memiliki bentuk memanjang dengan teknik kepang saat pembentukan, itu sebabnya kleinur tidak mirip dengan donat kebanyakan. Selain itu, donat ini juga memiliki tesktur yang crunchy di bagian luar dan sangat lembut di dalam.

Ada rasa rempah yang tertinggal di mulut saat kita mengonsumsi kleinur. Sebab dalam adonan, donat Islandia tersebut akan menggunakan bubuk kapulaga sebagai penambah rasa yang berbeda.

 

 

4. Rjomabollur

5 Ragam Kudapan Manis yang Unik dari Islandia, Bikin Terkesima!All That Cooking

Rjomabollur merupakan kudapan sejenis kue sus yang menjadi hidangan manis paling diburu di Islandia. Makanan ini umumnya hadir untuk mewarnai Hari Bun yang diselenggarakan setiap tahun di negara tersebut.

Kue cantik ini disusun berdasarkan perpaduan dari kulit dasar kulit sus dengan filling yang dibuat dari campuran selai dan heavy cream. Kebanyakan tradisi di Islandia akan memakai selai strawberry sebagai tambahan.

Pada bagian atas kue, biasanya akan ada topping ekstra berupa taburan gula halus atau lelehan cokelat. Rasanya yang super lembut membuat kue ini mudah lumer di mulut. Tapi hati-hati ya, sebab satu buah rjomabollur mengandung kalori yang sangat tinggi.

BACA JUGA  Greenfields Luncurkan Susu dari Sapi Jersey Pertama di Indonesia

 

5. Hjonabandssaela

5 Ragam Kudapan Manis yang Unik dari Islandia, Bikin Terkesima!He Needs Food

Hjonabandssaela adalah makanan yang berupa tart unik dari Islandia. Selain dikenal dengan nama tersebut, kudapan ini kerapkali memiliki julukan nyeleneh yang dikenal sebagai rhubarb tart atau happy marriage cake.

Hjonabandssaela menjadi lebih berbeda dari kebanyakan tart karena isiannya yang mengandung warna mencolok, bisa keunguan atau condong ke arah merah muda. Isian inilah yang membuatnya menjadi eksklusif.

Filling tart dibuat dari selai rhubarb, yaitu tanaman sayur yang sejenis dengan talas. Selai ini memiliki rasa manis yang tidak kalah dengan strawberry. Itu sebabnya orang Islandia banyak yang menggemari selai tersebut untuk campuran happy marriage cake.

Itu dia kelima kudapan unik sekaligus nikmat asal Islandia yang dapat menjadi referensi kuliner bila kamu mengunjungi negara tersebut. Selain itu kelima makanan ini dapat diadaptasi sebagai bingkisan atau camilan untuk keluarga di rumah lho!

 

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Dessert Berbahan Buah Tin, Manisnya Bikin Hati Senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Sumber: IDNTimes

admpintas

Read Previous

Kembali Pecah Rekor, Pasien Positif Corona di Jakarta Tambah 1.889 Orang

Read Next

Jangan Asal Beli, Ini Panduan Memilih Mainan Aman Untuk Balita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *