5 Rekomendasi Wisata Dieng dari Sikunir hingga Savana Pangonan


Suara.com – Pecinta wisata alam rasanya belum afdol kalau tidak pernah ke Dieng. Daerah ini menawarkan banyak sekali tempat wisata dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Suara.com punya rekomendasi wisata Dieng yang paling populer dan wajib dikunjungi.

Dieng merupakan kawasan dataran tinggi yang berada di enam wilayah administrasi yakni yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Kendal. Meski begitu, banyak orang mengetahui bahwa Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. 

Dieng dikenal dengan panorama alamnya yang indah, udara yang sejuk, dan asri. Di tempat ini mata Anda akan dimanjakan dengan kehidupan warga yang sebagian besar berprofesi sebagai petani sayur mayur. Tak hanya itu, ternyata Dieng juga menyimpan banyak destinasi wisata lainnya. Berikut daftar rekomendasi wisata Dieng

1. Kompleks Candi Arjuna 

Baca Juga:
Mengunjungi Agro Edukasi Wisata Ragunan

Berfoto di Candi Arjuna Dieng, Ganjar Pranowo: Sabar Ya, Biar Ditata Dulu. (Instagram/@ganjar_pranowo)

Bagi Anda penyuka wisata sejarah, jangan lupa mampir ke Kompleks Candi Arjuna saat berkunjung ke kawasan Dieng. Kompleks Candi Arjuna adalah salah satu candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Lokasinya di Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Di sini terdapat lima candi yang saling berjejeran. 

2. Sikunir

Bukit Sikunir. (Shutterstock)Bukit Sikunir. (Shutterstock)

Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat terpopuler di Dieng. Tempat wisata ini biasanya dikunjungi oleh para pelancong yang ingin melihat langsung sunrise maupun sunset dari dataran tinggi Dieng.

Untuk bisa menikmati sunrise yang menakjubkan, pastikan Anda mendaki bukit sebelum pukul 5 dini hari. Lokasi Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo. 

3. Kawah Sikidang

BACA JUGA  Punya Bakat Oke, Djokovic Ramal Jannik Sinner Jadi Petenis Top Dunia

Baca Juga:
Heha Sky View, Harga Tiket dan Fasilitas Wisatanya

Selain bukit, di Dieng juga terdapat Kawah Sikidang yang cukup populer di kalangan masyarakat. Saat berkunjung ke kawah ini, pastikan Anda membawa masker atau penutup hidung karena bau belerangnya sangat menyengat.



Source link

admpintas

Read Previous

Secara Dramatis, Everton Akhirnya Tumbangkan Arsenal 2-1

Read Next

Duo Bottlesmoker Gelar Konser Plantasia untuk Tanaman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *