Tips Lebih Produktif Saat Kerja di Rumah Selama Pandemik, Kasih Jeda!

Tips Lebih Produktif Saat Kerja di Rumah Selama Pandemik, Kasih Jeda!

Pandemik membuat sebagian orang harus diam di rumah saja. Awalnya, mungkin kamu bisa melewatinya. Sekarang, kamu mungkin jenuh dan tidak tahu kapan pandemik akan berakhir seiring bertambahnya kasus COVID-19 di Indonesia.

Produktivitasmu mungkin terkesan menurun. Namun, bagi kamu yang bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH), produktif adalah sebuah keharusan. Lalu, gimana caranya agar tetap produktif selama WFH ini? Yuk, simak tipsnya!

1. Jangan langsung kerja setelah bangun tidur!

unsplash

Kalau kamu langsung memeriksa pekerjaan setelah bangun tidur, tubuhmu sebenarnya belum siap untuk beraktivitas. Kamu cenderung akan terus-terusan bekerja meski tidak produktif.

Kamu sebaiknya tetap melakukan rutinitas di pagi hari seperti biasa dan tidak membuka pekerjaan sampai benar-benar siap untuk bekerja. Kamu pun bisa bekerja dengan lebih efektif dan produktif dalam keadaan lebih siap.

2. Bagilah waktu kerjamu menjadi beberapa bagian!

Tips Lebih Produktif Saat Kerja di Rumah Selama Pandemik, Kasih Jeda!Unsplash.com/Reinhart Julian

Secara umum, manusia rata-rata bisa fokus bekerja selama 90-120 menit. Karenanya, kamu bisa beri jeda pada setiap waktu setelahnya agar setelahnya bisa fokus lagi.

Kamu tidak harus bekerja berjam-jam dengan fokus yang itu-itu terus. Memberi jeda juga bisa membuatmu lebih efektif dalam bekerja.

3. Tempatkan dirimu dalam posisi yang baik

Tips Lebih Produktif Saat Kerja di Rumah Selama Pandemik, Kasih Jeda!pexels.com/AndreaPiacquadio

Ada orang yang lebih mudah untuk bekerja di sofa atau di meja. Ada pula yang bisa lancar jaya bekerja di tempat tidur. Apa pun itu, sebaiknya tempatkan dirimu dalam posisi yang nyaman untukmu bekerja.

Kamu bisa menaruh segelas air atau sedikit dokumen sehingga lebih leluasa. Kamu juga bisa menaruh bantal pada belakang kursi dan leher agar mengurangi ketegangan dan postur tubuh tetap terjaga.

Lain halnya kalau bekerja di kasur membuatmu kondusif. Kalau bekerja di tempat tidur, pastikan kamu merapikan seprai sebelum mulai bekerja dan pakai bantal secukupnya saja.

BACA JUGA  Gara-gara Dries Mertens, Inter Lebih Protektif Kepada Lautaro Martinez

Baca Juga: Kantormu Nggak WFH? Ini 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Mulai Sekarang

4. Buatlah rutinitas pagi harimu!

Tips Lebih Produktif Saat Kerja di Rumah Selama Pandemik, Kasih Jeda!kevin laminto on Unsplash” target=”_blank”>Unsplash/kevin laminto

Rutinitas pagi adalah hal yang pertama dilakukan untuk memulai hari. Biasanya, ini dapat menentukan bagaimana aktivitasmu berjalan seharian.

Kamu mempersiapkan kegiatan untuk pagi harimu pada malam sebelumnya. Kamu bisa membuat catatan pada malam hari yang berisi apa saja yang akan dilakukan pada pagi hari.

Lakukan hal yang menurutmu penting dan bisa menaikkan mood selama seharian. Kamu bisa merencanakan untuk mandi, memakai pakaian rapi dan berdandan, lalu membuat sarapan dan kopi. Setelahnya, kamu akan siap untuk bekerja.

5. Membuat ruangan personal khusus untuk bekerja

Tips Lebih Produktif Saat Kerja di Rumah Selama Pandemik, Kasih Jeda!Unsplash/manny PANTOJA

Keuntungan dari bekerja di rumah adalah kamu bisa memilih tempatmu bekerja. Kamu bisa memodifikasi area kerja yang tak mungkin kamu lakukan di kantor.

Kamu bisa meletakkan mejamu di pojok kamar atau di ruang tertentu yang sesuai dengan gaya kerjamu. Kamu juga bisa menambahkan sedikit aksen menenangkan seperti tanaman sehingga lebih nyaman untuk bekerja.

6. Tetaplah mengobrol dengan orang lain di sela-sela waktu!

Tips Lebih Produktif Saat Kerja di Rumah Selama Pandemik, Kasih Jeda!pexels/Gustavo Fring

Saat di rumah, mungkin interaksi secara langsung dengan orang lain, akan lebih minim. Ini bisa menimbulkan rasa kesepian dan terisolasi.

Maka dari itu, kamu bisa mencoba menelepon teman kerja atau teman lain untuk mengobrol, bertukar kabar, bahkan berdiskusi. Kamu pun tak lagi merasa sendiri dan tetap terhubung dengan orang luar.

Itu dia yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu lebih produktif saat bekerja dari rumah. Jangan lupa untuk tetap berhubungan dengan orang lain meskipun di rumah, ya! Biar gak stres!

BACA JUGA  Jokowi Harus Hentikan Pembahasan RUU Cipta Kerja Jika Kalah di PTUN

Baca Juga: WFH dan PJJ Lancar! Tips Kembangkan Disiplin Diri Selama Pandemik 

Sumber: IDNTimes

admpintas

Read Previous

Baru Pulang dari Palu, Ibunda Ririn Ekawati Meninggal karena Covid-19

Read Next

Dia Tutup Mata dari Ketidakadilan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *