Yupiter dan Saturnus Menyatu Setelah 800 Tahun

Suara.com – Malam ini (21/12/2020) Saturnus dan Yupiter akan berpapasan sangat dekat sehingga terlihat sebagai satu bintang saja jika diteropong dengan mata telanjang – peristiwa yang disebut sebagai Great Conjunction atau Papasan Agung.

Menurut CNet, papasan agung ini terakhir kali terjadi pada 1226. Nyaris menyatunya Yupiter dan Saturnus di langit Bumi sebenarnya terjadi setiap 19,6 tahun. Tetapi terakhir kali kedua planet ini berpapasan pada malam hari dan manusia di Bumi bisa melihatnya adalah sekitar 800 tahun silam.

“Hari Senin 21 Desember 2020 nanti, dua planet raksasa Yupiter dan Saturnus akan terkunci dalam pelukan. Keduanya akan tampak bersatu dan terlihat sebagai sebuah bola putih cemerlang di langit. Tontonan romantis ini dalam dunia astronomi disebut dengan Konjungsi Agung,” tulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Instagram belum lama ini.

Di Barat, papasan agung antara Yupiter dan Saturnus ini juga disebut sebagai Christmas Star karena terjadi jelang Natal. Tetapi penamaan ini, jelas para astronom, sama sekali tak berhubungan dengan peristiwa Natal dalam tradisi Kristen.

Baca Juga:
Fenomena Langka, Jupiter dan Saturnus Akan Lakukan “Pendekatan”

Meski dari Bumi terlihat begitu dekat, hanya terpisah 0,1 derajat – jarak sebenarnya antara Yupiter dan Saturnus ketika peristiwa langka ini terjadi adalah sekitar 450 juta mil.

Jadi jangan sampai lewatkan papasan agung antara Yupiter dan Saturnus malam ini. Tetapi ingat, kejadian langka ini hanya bisa disaksikan jika kondisi langit sedang cerah.

Cara melihat papasan agung ini mudah saja: berpalinglah ke arah barat daya, di ketinggian sekitar 25 derajat setelah Matahari terbenam. Saturnus dan Yupiter akan terlihat segaris secara vertikal dan cukup cemerlang untuk diamati dengan mata telanjang.

BACA JUGA  Ketua KPID Sumut Meninggal Terpapar Covid-19

Menurut para ilmuwan di blog astronomi Langit Selatan, Yupiter dan Saturnus akan terbenam setelah pukul 20.07 WIB.

Baca Juga:
NASA Temukan Molekul Aneh di Atmosfer Bulan Terbesar Saturnus



Source link

admpintas

Read Previous

Bumil dan Lansia Juga Penting Divaksinasi

Read Next

Kocak! Qinan Glebova Malah Jawab Ini saat Main Game Tebak Kalimat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *