5 Alasan Orang Enggan Menceritakan Kesulitan Hidupnya, Kamu Juga?

5 Alasan Orang Enggan Menceritakan Kesulitan Hidupnya, Kamu Juga?

Siapa sih, yang gak pernah mengalami kesulitan hidup? Gak melulu soal ekonomi melainkan bisa macam-macam. Dan saat mengalami masalah, kebanyakan orang membutuhkan teman curhat.

Namun ada pula yang justru diam saja, seolah-olah gak terjadi apa-apa. Bagaimana denganmu? Jika kamu juga enggan menceritakan masalahmu, kamu pasti punya alasan kuat. Salah satunya mungkin ada di bawah ini:

1. Nanti jadi tambah sedih 

Unsplash.com/bachtran2000

Buat mereka yang selalu butuh teman curhat kala ada masalah, mereka pasti merasa lega setelah melakukannya. Akan tetapi ada juga orang yang makin sering menceritakan kesulitan yang sedang dihadapi justru makin merasa sedih.

Pikirannya seolah-olah dipaksa untuk terus kembali ke hal-hal yang gak disukainya. Gak heran, saat ada orang yang mengetahui masalah itu berusaha mengajaknya bicara, dia akan bilang, “Sudah deh, gak usah dibahas lagi.”

2. Tahu banyak orang juga mengalaminya 

5 Alasan Orang Enggan Menceritakan Kesulitan Hidupnya, Kamu Juga?Unsplash.com/hootansafiyari

Ada orang yang senang menempatkan diri sebagai orang yang paling menderita di dunia ini. Orang yang seperti ini biasanya berlebihan dalam menyikapi masalah apa pun yang menimpanya.

Dia seperti ingin semua orang memperhatikan dan menolongnya. Namun ada juga orang yang dalam kondisi sesulit apa pun masih ingat bahwa dia bukan satu-satunya orang yang menderita.

Kesulitan serupa pasti juga dialami oleh orang lain. Bahkan sangat mungkin ada yang masalahnya jauh lebih besar darinya. Jadi, dia harus bisa sekalem orang-orang. Kalau gak, dia akan merasa malu.

Baca Juga: Bukan Gak Percaya, Ini 5 Alasan Teman Enggan Curhat Padamu 

3. Mau lebih fokus membangun optimisme akan masa depan yang lebih baik 

5 Alasan Orang Enggan Menceritakan Kesulitan Hidupnya, Kamu Juga?Unsplash.com/nicsandman20

Ini gak sama dengan menyangkal kesulitan itu sendiri. Meski enggan menceritakannya pada siapa pun, dia menerima kondisi itu kok. Itu memang nyata. Hanya saja, dia gak mau energinya tersedot terlalu banyak untuk memikirkannya.

BACA JUGA  54 Pasien Sembuh, Kasus COVID-19 DIY Tambah 39 Orang

Dia lebih suka memusatkan perhatian pada hal-hal yang lebih penting di masa depan. Dia bahkan yakin, jika dia berhasil mewujudkan masa depan yang baik, itu akan sekaligus menyelesaikan kesulitan yang dihadapinya sekarang. Seperti lompatan besar.

4. Gak mau dianggap pengeluh atau lebay 

5 Alasan Orang Enggan Menceritakan Kesulitan Hidupnya, Kamu Juga?Unsplash.com/realbench

Mengalami kesulitan dalam hidup saja sudah gak enak rasanya. Apalagi kalau sudah panjang lebar menceritakannya, malah cuma dianggap lebay atau dicap jago mengeluh. Makin menjengkelkan bukan?

Dia sadar hal seperti ini kadang gak terhindarkan. Sebab masalah yang terasa besar baginya, bisa jadi dirasa sepele oleh orang lain. Dia cuma hendak menjaga perasaannya sendiri. Daripada gagal memperoleh simpati yang diharapkan, lebih baik memendamnya.

5. Yakin ini cuma sementara, gak lebih dari ujian yang memungkinkannya naik kelas 

5 Alasan Orang Enggan Menceritakan Kesulitan Hidupnya, Kamu Juga?Unsplash.com/__katmc

Bahkan sebelum dia melihat solusi atas kesulitannya, dia yakin kesulitan itu gak akan menjeratnya untuk selamanya. Cepat atau lambat, sebagaimana kedatangannya, kesulitan itu akan berangsur-angsur pergi.

Ia hanya perlu bersabar dan melakukan usaha semampunya. Kalau dia bisa melakukan kedua hal itu, selain masalahnya teratasi, dia juga akan menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Dan diamnya adalah bentuk kesabarannya.

Sedang menghadapi kesulitan hidup jelas rasanya gak nyaman. Maka siapa pun gak perlu menambahi ketidaknyamanan seseorang dengan memaksanya untuk bercerita. Dia akan bercerita jika dia merasa itu perlu.

Sebaliknya, jika kamu yang sering memilih diam begini, kamu juga perlu tahu batas kemampuanmu ya? Kalau memang kamu sudah pusing banget, gak kunjung menemukan solusi, ada baiknya kamu membicarakannya dengan orang yang tepercaya.

Baca Juga: 7 Hal Sepele Ini Bikin Orang Ogah Curhat Padamu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

BACA JUGA  7 Teori Konspirasi Film Ghibli yang Belum Kamu Tahu

Sumber: IDNTimes

admpintas

Read Previous

Sejarah Bahasa Indonesia, Sejak Abad ke 7 Masehi

Read Next

Raffi Ahmad Diharapkan Jadi Panutan, Kini Digugat Langgar Prokes Covid-19

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *