6 Tanda Kamu Takut untuk Berkomitmen Jangka Panjang

6 Tanda Kamu Takut untuk Berkomitmen Jangka Panjang

Komitmen jangka panjang, bagi beberapa orang bisa membawa rasa stres bukan kebahagiaan. Padahal, sebelum menjalani dengan keterikatan komitmen, kamu merasa baik-baik saja.

Ketakutan ini wajar karena komitmen adalah salah satu keputusan penting dalam hidup. Tapi, kamu tentu gak ingin ketakutan ini ada terus menerus, kan? Yuk, kenali tanda-tanda kamu takut untuk berkomitmen berikut ini.

1. Kamu ingin tetap berteman dan menjaga hubungan tetap santai

pexels.com/mododeolhar

Salah satu tanda kamu takut berkomitmen adalah kamu ingin tetap menjaga hubunganmu tetap santai agar gak menghilangkan ikatan dengannya. Pasangamu berharap untuk berhubungan ke tahap yang lebih serius, tapi kamu ingin tetap seperti ini selama mungkin.

Kamu takut untuk melangkah ke tahap yang serius dalam hubungan romantis ini. Selain itu, kamu menghindari hal yang gak diinginkan dari komitmen yang sudah kamu buat.

2. Kamu takut disakiti lagi

6 Tanda Kamu Takut untuk Berkomitmen Jangka Panjangfreepik.com/jcomp

Menghindari hal yang gak diinginkan adalah salah satu tanda kamu takut akan komitmen itu. Kamu takut akan patah hati dan disakiti seperti hubungan sebelumnya.

Mungkin, kamu pernah dikecewakan oleh mantanmu atau diselingkuhi sehingga takut untuk menghadapi rasa sakit hati itu. Namun, untuk memiliki hubungan yang mendalam, kamu harus mengambil risiko itu sebagai proses mempercayai pasanganmu sepenuhnya.

3. Kamu gak terbuka dengan perasaanmu sendiri

6 Tanda Kamu Takut untuk Berkomitmen Jangka Panjangpexels.com/cottonbro

Berbagi perasaan dengan orang lain, mungkin, adalah hal yang sulit untukmu. Kamu mungkin dideskrisikan sebagai orang yang sombong, jutek, dan dingin. Ini, sebenarnya, adalah tanda bahwa kamu takut untuk berkomitmen.

Kamu menyembunyikan perasaan dari pasanganmu agar gak terlihat rentan. Untuk memiliki hubungan yang serius dan langgeng, keterbukaan akan pikiran dan perasaan adalah salah satu yang penting. Kalau kamu memasang penghalang, kamu menahan diri dari keharusan untuk berkomitmen.

BACA JUGA  [Breaking] Bmkg: Gempa Bumi M 5.1 Di Wula Waijelu

Baca Juga: 5 Trik Ampuh Temukan Pasangan Terbaik untuk Diajak Komitmen Bersama

4. Kamu mudah menemukan kesalahan orang lain

6 Tanda Kamu Takut untuk Berkomitmen Jangka Panjangfreepik.com/diana.grytsku

Tanda penting bahwa kamu takut akan komitmen adalah kamu mudah menemukan alasan untuk tidak berkomitmen dengannya. Kamu gak bisa meyakinkan dirimu untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan orang yang menurutmu belum tepat.

Kamu terlalu cepat menilai seseorang dan mendiskualifikasi untuk menjadi pasanganmu. Ketika kamu terlalu mudah mengeliminasi seseorang, kamu gak memberi kesempatan kepada siapa pun untuk berkomitmen dan membangun hubungan denganmu.

5. Kamu sengaja melakukan hal yang membuat orang gak mau berkomitmen denganmu

6 Tanda Kamu Takut untuk Berkomitmen Jangka PanjangPexels.com/Ketut Subiyanto

Salah satu indikator tambahan bahwa kamu takut untuk berkomitmen adalah menyabotase hubungan potensialmu dengan orang lain. Kamu sengaja menarik diri dan gak setia dengan pasanganmu untuk menghindari komitmen. Ketika kamu adalah orang yang mengagalkan hubungan sebelum punya kesempatan, itu adalah tanda utama kamu takut berkomitmen.

6. Kamu meyakinkan diri bahwa gak ingin berkomitmen

6 Tanda Kamu Takut untuk Berkomitmen Jangka Panjangunsplash.com/A.L.

Kamu sebaiknya merefleksikan ke dalam dirimu bagaimana pandanganmu terhadap sebuah komitmen. Kamu bisa saja gak ingin berkomitmen, karena takut untuk mengambil risiko itu dan meyakinkan diri bahwa kamu gak butuh.

Sebenarnya, kalau kamu gak ingin berkomitmen itu gak apa-apa. Namun, kamu perlu melihat alasan kamu gak ingin berkomitmen dengan seseorang. Pastikan bukan karena kamu terlalu takut patah hati dan disakiti.

Itu dia tanda-tanda kalau kamu takut untuk berkomitmen. Tapi, jangan sampai rasa takutmu menghalangimu untuk menemukan komitmen dalam hubungan yang kamu inginkan, ya.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini jika Pasangan Melanggar Komitmen dalam Hubungan

Sumber: IDNTimes

admpintas

Read Previous

Link Live Streaming Coppa Italia: Juventus vs Genoa

Read Next

Kalahkan Marseille 2-1, PSG Juara Trophee des Champions

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *