BPPTKG: Lava Pijar Muncul, Gunung Merapi Masuki FaseErupsi Tahun 2021 

BPPTKG: Lava Pijar Muncul, Gunung Merapi Masuki FaseErupsi Tahun 2021 

Sleman, IDN Times – Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitasnya. Guguran lava pijar terjadi pada Senin 4 Januari 2021 petang. Berdasarkan pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui citra satelit, ada gundukan di permukaan kawah gunung yang diduga kuat material baru Gunung Merapi.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida mengungkapkan, Gunung Merapi kini sudah memasuki fase erupsi pada 2021. Menurut dia, sejauh ini tahap vulkanik gunung tersebut masih tinggi. 

“Secara teknis kita bisa katakan bahwa Gunung Merapi sudah memasuki fase erupsi 2021. Namun ini baru awal indikasi, proses ekstrusi magma masih akan terjadi berdasarkan data seismik dan deformasi yang tinggi, karena ini agak berbeda dengan 2006,” kata Hanik pada Selasa (5/1/2021).

1. Aktivitas Merapi saat ini berbeda dengan tahun 2006

Hanik membandingkan erupsi tahun 2006, saat muncul kubah lava, laju deformasi (EDM) maupun Vulkanik Dangkal (VTB) mengalami penurunan. Namun tahun ini meskipun telah muncul indikasi magma ke permukaan, VTB dan EDM masih terus terjadi.

“Itu yang membedakan antara 2006 dan sekarang ini. Ini baru awal indikasi proses ekstrusi magma yang akan terjadi berdasarkan data seismik dan deformasi yang masih tinggi,” katanya.

2. BPPTKG terus pantau pembentukan kubah lava baru

BPPTKG: Lava Pijar Muncul, Gunung Merapi Masuki FaseErupsi Tahun 2021 

Mengenai munculnya kubah lava baru, Hanik menerangkan dari gambar citra satelit, teramati adanya gundukan yang diduga merupakan kubah lava baru. Namun hal tersebut masih terus dilakukan pemantauan.

“Citra satelit menginformasikan keberadaan gundukan yang diduga adalah material baru. Sebagian mengalami longsor bersama material lama,” terangnya.

Hanya saja, BPPTKG tak bisa memastikan gundukan material baru adalah indikasi munculnya kubah lava tahun 2021. 

3. Rekomendasi tetap dipertahankan

BPPTKG: Lava Pijar Muncul, Gunung Merapi Masuki FaseErupsi Tahun 2021 

Kasi Gunung Merapi BPPTKG, Agus Budi Santoso membeberkan, pada 2021 ini fenomena munculnya api diam atau lava pijar menandakan Gunung Merapi kini memasuki fase erupsi baru.

BACA JUGA  10 Potret Terkini Jill Gladys, Makin Stunning di Usia Hampir 34 Tahun!

Agus memastikan, pihaknya pun sejauh ini masih mempertahankan rekomendasi yang sudah berlaku, yakni Pemerintah Kabupaten Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

Selain itu, dalam rekomendasi tersebut juga mengungkapkan jika penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB Ill harus dihentikan. Lalu, pelaku wisata dihimbau tak melakukan kegiatan wisata di KRB Ill Gunung Merapi termasuk kegiatan pendakian ke puncak Gunung Merapi.

“Rekomendasi tetap dipertahankan, karena masih ada potensi erupsi eksplosif, dari data pemantauan yang dilakukan,” paparnya.

 

Sumber: IDNTimes

admpintas

Read Previous

Viral ‘NIK’ Jokowi Tak Masuk Daftar Penerima Vaksin

Read Next

Halal atau Tidak, MUI Bawa Hasil Audit Vaksin Sinovac ke Sidang Fatwa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *