Bukan Hanya Cewek, Ini 5 Alasan Penting Cowok Juga Harus Merawat Kulit

Bukan Hanya Cewek, Ini 5 Alasan Penting Cowok Juga Harus Merawat Kulit

Merawat kulit adalah bagian dari rutinitas kecantikan harian banyak perempuan, dan banyak produk perawatan kulit dipasarkan untuk perempuan. Sebaliknya, banyak laki-laki yang cenderung abai terhadap kulit. Padahal, sama seperti perempuan, laki-laki juga harus memperhatikan kesehatan kulit. 

Tidak harus menggunakan produk perawatan multilangkah. Yang paling penting adalah konsisten menjadikan perawatan kulit sebagai bagian dari rutinitas harian.

Berikut ini beberapa alasan kuat kenapa laki-laki juga perlu merawat kulit.

1. Mengatasi masalah jerawat dan noda hitam

pexels.com/cottonbro

Untuk kulit yang rentan berjerawat, menggunakan pembersih wajah yang berkualitas dapat membantu memperbaiki tampilan kulit. Juga, itu harus menjadi salah satu bagian dari perawatan kulit harian.

Salah satu produk yang cocok untuk mengatasi masalah jerawat dan noda adalah eksfoliator yang dapat mengelupas kulit, melarutkan sel kulit mati dan komedo, serta memperbaiki warna kulit dengan bahan antibakteri alami.

2. Melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan

Bukan Hanya Cewek, Ini 5 Alasan Penting Cowok Juga Harus Merawat Kulitfreepik.com/drobotdean

Sama seperti perempuan, laki-laki juga menunjukkan tanda-tanda penuaan. Garis-garis halus dan kerutan bisa muncul seiring bertambahnya usia, dan jika kamu tidak melakukan usaha apa-apa, kamu mungkin akan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Rutinitas perawatan kulit bagi laki-laki minimal harus mencakup pelembap setiap harinya. Menjaga kulit senantiasa lembap dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, dan bahkan terkadang memperbaiki kerusakan yang ada.

Baca Juga: Boys, Ini 5 Cara Atasi Sunburn, Kulit Gak Lagi Kemerahan!

3. Melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari

Bukan Hanya Cewek, Ini 5 Alasan Penting Cowok Juga Harus Merawat Kulitunsplash.com/Andrea Dibitonto

Dalam jumlah kecil, sinar matahari memang baik bagi kesehatan. Tapi dalam jumlah besar, sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Dampak paparan sinar matahari tidak terjadi dalam semalam, tetapi secara bertahap seiring waktu, dan akan mulai melihat efeknya perlahan-lahan. Dengan melembapkan kulit yang rusak dan mengoleskan tabir surya secara teratur, kamu tidak hanya dapat melindungi kulit dari penuaan dini, tetapi juga sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit.

BACA JUGA  5 Alasan Rutin Berolahraga Bisa Bermanfaat untuk Kesuksesan Karier

4. Memiliki penampilan terbaik di usia berapa pun

Bukan Hanya Cewek, Ini 5 Alasan Penting Cowok Juga Harus Merawat Kulitfreepik.com/drobotdean

Menjaga rutinitas perawatan kulit, minimal berupa pembersih, pelembab, dan tabir surya akan membuat kulit terlihat lebih baik selama bertahun-tahun yang akan datang. Kulit yang tampak sehat dan segar juga akan meningkatkan penampilanmu, tak peduli berapapun usiamu.

Artinya, dengan menjaga rutinitas perawatan kulit yang konsisten, kamu bisa memiliki penampilan terbaik di segala usia.

5. Aktivitas mencukur membuat kulit stres

Bukan Hanya Cewek, Ini 5 Alasan Penting Cowok Juga Harus Merawat Kulitfreepik.com/karlyukav

Setiap kali bercukur, kamu menghilangkan lapisan atas sel kulit, mengekspos kulit yang belum matang yang lebih sensitif terhadap faktor eksternal. Kulit yang terlalu sensitif ini membutuhkan perawatan yang lebih.

Jika kamu berpikir bahwa menumbuhkan atau memiliki janggut dapat membebaskan kamu dari kewajiban merawat kulit, pemikiran itu benar-benar keliru. Memiliki janggut yang lebat menimbulkan berbagai tantangan, sehingga kamu tetap perlu merawat kulit wajah.

Kulit merupakan investasi masa sekarang dan masa depan baik bagi cewek maupun cowok, minimal menggunakan produk pembersih, pelembap, dan tabir surya. Lagi pula, saat ini untuk menemukan produk perawatan kulit khusus untuk cowok juga tidak sulit kok. Jadi, jangan malas merawat kulit, ya.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Kulit Wajah Kusam yang Wajib Kamu Coba, Sudah Tahu Bro?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Sumber: IDNTimes

admpintas

Read Previous

Banjir dan Longsor Terjang Kota Malang, Seorang Warga Hilang Diduga Tertimbun : Okezone News

Read Next

Dua Anak Bernama Athar Rizky dan Fathima Ashalina Teridentifikasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *