Bukan Hilang, Ternyata Ini Alasan Jack Ma Tidak Muncul di Publik

Jakarta, IDN Times – Pendiri Alibaba, Jack Ma baru-baru ini menghebohkan dunia karena tidak pernah muncul ke publik selama sekitar dua bulan terakhir. Berbagai spekulasi pun bermunculan soal lenyapnya orang terkaya Tiongkok itu.

Namun ternyata, menurut seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada David Faber dari CNBC, Ma tidak hilang seperti yang banyak diberitakan belakangan. Ma memang sedang menghindari publik, katanya melaporkan, Selasa (5/1/2021).

1. Kabar hilangnya Jack Ma

Bukan Hilang, Ternyata Ini Alasan Jack Ma Tidak Muncul di PublikUssfeed.com

Spekulasi soal hilangnya Jack Ma mulai ramai di berbagai media internasional dan lokal sejak beberapa pekan terakhir. Itu terjadi setelah Ma tidak terlihat lagi sejak berpidato pada Oktober. Ia bahkan absen dari acara pencarian bakatnya, Africa’s Business Heroes.

Padahal menurut media Inggris Telegraph, Ma seharusnya menjadi juri dalam acara pencarian bakat yang memberikan peluang bagi wirausahawan Afrika untuk bersaing memperebutkan dana sebesar 1,5 juta dolar Amerika itu. Foto Ma juga dihapus dari situs web acara itu, tambah media itu.

Baca Juga: Jack Ma Hilang, Alibaba Tutup Aplikasi Streaming Musik

2. Tidak aktif di media sosial

Bukan Hilang, Ternyata Ini Alasan Jack Ma Tidak Muncul di PublikPostingan terakhir Jack Ma

Ma bukan hanya tidak muncul di publik, tapi juga tidak aktif di media sosial untuk waktu lama. Pria kelahiran 10 September 1964 itu terakhir kali membuat postingan di Twitter pada 10 Oktober 2020.

Sementara di halaman Weibo-nya, postingan terakhirnya dibuat pada pada 17 Oktober 2020.

Menurut Mothership, pada Agustus lalu Ma pernah men-tweet tentang “Africa’s Business Heroes”. Ia mengatakan bahwa dia tidak sabar untuk bertemu dengan finalis dari pertunjukan tersebut.

3. Tidak terlihat setelah mengkritik pemerintah Tiongkok

Bukan Hilang, Ternyata Ini Alasan Jack Ma Tidak Muncul di PublikANTARA FOTO/REUTERS/David Gray

Sebelum diisukan hilang, Ma sempat mengalami perselisihan dengan pemerintah Tiongkok. Ma menyampaikan pidato kontroversial di Shanghai pada 24 Oktober. Dalam pidato itu ia mengkritik sistem regulasi Tiongkok karena menghambat inovasi, dan menyamakan aturan perbankan global dengan “klub orang tua”.

BACA JUGA  10 Gaya Pemotretan Natasha Wilona dengan Outfit Warna Putih, Stunning

“Sistem keuangan saat ini adalah warisan dari Era Industri,” kata Ma dalam pidatonya. “Kita harus menyiapkan generasi baru dan generasi muda. Kita harus mereformasi sistem saat ini.”

Lebih dari seminggu kemudian, penawaran umum perdana (IPO) Ant, yang memiliki valuasi senilai 37 miliar dolar AS, ditangguhkan di Shanghai Stock Exchange (SSE). Padahal, IPO perusahaan afiliasi Alibaba itu telah menerima lampu hijau dari pengawas sekuritas Tiongkok dan digadang-gadang jadi salah satu IPO terbesar di dunia.

Pemerintah Tiongkok juga sebelumnya meluncurkan investigasi antitrust terhadap kerajaan bisnis Ma terkait pajak dan menjatuhkan denda senilai miliaran rupiah.

Baca Juga: Diberitakan Hilang, Ini Tweet Terakhir Jack Ma pada Oktober

Sumber: IDNTimes

admpintas

Read Previous

Permintaan Ponsel 5G di 2021 Diprediksi Lebih dari 500 Juta Unit

Read Next

AS Roma Tekuk Tuan Rumah Crotone, Berikut Hasil Liga Italia Pekan ke-16

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *