Gunung Semeru Meletus, Hujan Abu Vulkanik Kejutkan Warga : Okezone News

https: img.okezone.com content 2021 01 16 519 2345625 gunung-semeru-meletus-hujan-abu-vulkanik-kejutkan-warga-wakYXWTodm.jpg

LUMAJANG  – Gunung Semeru yang kembali meletus, Sabtu (16/1/2021), pukul 17.48 WIB, mengejutkan warga Lumajang, Jawa Timur.

Gunung tertinggi di Jawa ini terakhir kali erupsi pada Desember 2020, tepatnya Sabtu (5/12/2020), sekitar pukul 23.23 WIB.

(Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Muntahkan Awan Panas Sejauh 4,5 Km)

Saat itu, Gunung Semeru memuntahkan awan panas guguran dengan jarak luncur 1.500 meter. Sementara Sabtu sore ini, Gunung Semeru dilaporkan meluncurkan awan panas dengan jarak luncur sekitar 4,5 kilometer (km) dan masih berlangsung hingga saat ini.

Letusan Gunung Semeru juga ramai diposting di media sosial, termasuk Twitter. Sejumlah netizen, khususnya warga di sekitar Lumajang mem-posting foto-foto awan panas yang dimuntahkan Gunung Semeru.

Bahkan, tak lama setelah Semeru erupsi, hujan abu vulkanis muncul di sekitar Lumajang.

“Sumpah ini ga ada sejam… Kyknya barusan dan ga masih ga ada info sama sekali tentang erupsi semeru ataupun bromo,” kata salah satu netizen yang mem-posting video abu vulkanik di lantai rumah.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, sampai saat ini, Gunung Semeru masih mengeluarkan awan panas. Titik awan panas ini terutama di sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan.

“Sore ini, jam 17.24 Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam cuitan di akun Twitter-nya.

(fmi)

Sumber: Okezone

BACA JUGA  Kegagalan Dahlan Iskan Jadi Menteri dan BUMN Pangan Kalah dari Bakso Blok S : Okezone Economy

admpintas

Read Previous

Lulus Kuliah dan Rilis Album

Read Next

Klopp Sebut Pemain Ini akan Jadi Pembeda dalam Duel Liverpool vs Man United

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *