Luhut Terima Kunjungan Menlu Tiongkok di Danau Toba

Luhut Terima Kunjungan Menlu Tiongkok di Danau Toba

Toba, IDN Times – Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi melakukan kunjungan kerja di Kawasan Danau Toba, Sumatra Utara, Selasa (12/1/2021). Kunjungan ini menyusul undangan dari Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sejak lama.

Luhut dan Wang Yi pun menyempatkan diri menikmati panorama perbukitan di The Kaldera Toba Nomadic Escape, dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah. Kunjungan Wang Yi adalah rangkaian lawatan ke sejumlah negara ASEAN.

Baca Juga: Menlu Tiongkok Bertemu Menteri Retno, Ini Daftar Pembahasan Mereka

1. Luhut sudah beberapa kali mengundang Wang Yi ke Danau Toba

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menikmati panorama Danau Toba bersama Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi , Selasa (12/1/2021). (Istimewa)

Di akun Instagramnya, @luhut.panjaitan, Luhut mengakui sudah beberapa kali mengundang Wang Yi ke tanah kelahirannya di Danau Toba.

“Jika saya diminta menyebutkan satu kata tentang tanah kelahiran saya, Tanah Toba, saya akan memilih kata ‘berkat’ Mengapa? karena setiap kali saya datang kembali ke sana, saya merasa selalu ada cerita dan pengalaman yang berkesan untuk dibagikan,” tulis Luhut dalam unggahannya, Rabu (12/1/2021).

“Seperti hari ini ketika saya menemani sahabat saya, Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok, Bapak Wang Yi yang selama dua hari, mulai dari 12 s/d 13 Januari 2021 akan berada di Indonesia untuk melakukan beberapa agenda pertemuan bilateral dengan pemerintah Indonesia. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat mengingat masa pandemi COVID-19 seperti sekarang,” sambung Luhut.

Dalam unggahannya, Luhut juga mengaku beberapa kali dalam lawatan ke Tiongkok, ia kerap menyampaikan undangan dan ajakan agar Menlu Tiongkok berkunjung ke tanah kelahirannya, tempat Danau Toba berada.

BACA JUGA  5 Alasan Kenapa Orangtua Sebaiknya Gak Terlalu Mencampuri Urusan Anak

“Karena saya mengetahui Bapak Wang Yi punya hobi hiking dan memang sudah lama punya rencana untuk melihat potensi pariwisata di sini, hari ini saya secara khusus mendampingi beliau bersama delegasinya untuk menikmati panorama perbukitan di Kaldera dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di sekitar Danau Toba,” ujar dia. 

2. Luhut membahas soal investasi, pariwisata, hingga pemulihan ekonomi nasional

Luhut Terima Kunjungan Menlu Tiongkok di Danau TobaIndonesia juga membahas sejumlah hal penting mulai dari investasi hingga pemulihan ekonomi dengan Tiongkok. (Sumber: Kemenkomarves)

Luhut mengatakan kunjungan Menlu Tiongkok ke Indonesia betul-betul dimanfaatkannya untuk membahas sejumlah hal penting. Mulai dari soal kerja sama investasi dan beberapa proyek strategis, pariwisata, hingga pemulihan ekonomi nasional.

“Saya sampaikan harapan saya kepada beliau tentang adanya komitmen kuat untuk mengimplementasikan kesepakatan strategis bilateral kedua negara, sebelum sore hari ini  Bapak Wang Yi bertemu dan mendengar langsung harapan Presiden @jokowi atas kerja sama kedua negara sahabat ini,” katanya.

3. Kerja sama dengan Tiongkok diharapkan memberi dampak positif untuk masyarakat

Luhut Terima Kunjungan Menlu Tiongkok di Danau TobaIndonesia juga membahas sejumlah hal penting mulai dari investasi hingga pemulihan ekonomi dengan Tiongkok. (Sumber: Kemenkomarves)

Luhut juga merasa bangga bisa menyaksikan secara langsung penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama di beberapa bidang strategis.

“(Ini) adalah berkat tersendiri bagi saya. Karena saya diberikan kepercayaan untuk terlibat langsung mengembangkan potensi tanah kelahiran saya, sehingga terpilih sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas. Saya berharap upaya-upaya kecil ini dapat menghasilkan manfaat dan berkat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, terutama bagi masyarakat Toba Samosir yang selalu punya rasa bangga dan cinta yang besar pada tanah kelahirannya,” pungkasnya.

Baca Juga: Luhut: Tak Mudah Pangkas Biaya Logistik, Jangan Kritik Overdosis

Sumber: IDNTimes

admpintas

Read Previous

Sidang Vonis Andi Irfan Jaya Rekan Pinangki Diundur Senin 18 Januari

Read Next

Youtube Tutup Channel Donald Trump

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *