Bukan Hanya Menggemaskan, Ini 5 Fakta Unik Bulu Kucing

Merdeka.com – Bulu kucing merupakan salah satu yang membuat anabulmu istimewa, berkat tekstur, warna, maupun polanya. Nyatanya, bukan hanya membuat tampilannya kian menggemaskan, tapi juga memiliki beberapa fungsi yang penting.

Ada 3 Jenis

muezza baru

©Shutterstock

Pernah memerhatikan bulu kucing saat menyisir hewan peliharaanmu? Bulunya sendiri terdiri dari 3 jenis, masing-masing dengan tekstur dan perannya masing-masing. Bulu primer atau pelindung dengan tekstur yang kasar, lurus, dan tebal.

Selain melindungi kulit dan tubuh kucing, juga membantu indra perabanya. Lapisan bulu di bawahnya juga berfungsi sebagai pelindung, tapi lebih tipis dan pendek. Terakhir, rambut sekunder berada di lapisan bawah dan merupakan yang paling tipis. Jumlahnya sendiri lebih banyak dan berguna untuk mengatur suhu tubuh.

Folikel Bulu

muezza baru
©Shutterstock

Bulu kucing terdiri dari filamen panjang berbahan keratin yang terdiri dari batang dan akar. Batangnya yang terlihat dari luar, sedangkan akarnya berada dalam kantung yang disebut folikel. Uniknya, kelenjar keringat anabul menempel pada setiap folikelnya dan mengeluarkan zat kental yang menutupi setiap bulu dan membuatnya berkilau.

Selain kelenjar keringat, ada juga otot Arrector pili yang juga menempel pada folikelnya. Otot-otot inilah yang saat berkontraksi akan menyebabkan bulu anabul berdiri dan bertanggung jawab pada kerontokan rambut saat kucing mengalami stres.

Persia punya 80 Warna dan Pola

muezza baru
©Shutterstock

Terkadang, ras kucing dapat menentukan warna dan pola bulunya. Untuk jenis Persia misalnya, ada 80 warna dan pola bulu yang berbeda. Sebaliknya, Sphynx merupakan ras kucing pertama yang secara khusus dikembangbiakkan agar tidak memiliki bulu sama sekali.

Keunikan Bulu Siam

muezza baru
©Shutterstock

Kucing Siam mudah dikenali berkat bulunya yang berwarna krem dengan bulu yang lebih gelap di sekitar telinga, wajah, cakar, dan ekornya. Uniknya, semua anak ras Siam berwarna putih dan tidak mengembangkan warna klasiknya sampai berusia minimal satu minggu.

BACA JUGA  Kritik Cara Bikin Bakso, Orang Ini Malah Gantian Dicibir Warganet

Bulu Rontok

muezza baru
©Shutterstock

Bulu yang rontok merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan saat hidup bersama kucing. Nyatanya, hal ini berbeda untuk kucing di dalam dan luar ruangan. Anabul yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan dengan paparan sinar matahari alami akan rontok lebih banyak pada musim semi dan gugur, sedangkan kucing rumahan akan mengalaminya sepanjang tahun.

Bukan hanya menjadikan kucing tampak menarik dan enak dipeluk, bulunya berkaitan erat dengan kesehatan anabul. Jaga dengan memberikan cat food yang mengandung nutrisi tepat untuk menjaga bulunya tetap halus dan indah seperti Muezza.

muezza baru
©Muezza

Terbuat dari bahan alami yang bebas dari bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering ini menggunakan teknologi modern untuk menjaga kualitas nutrisinya tetap sehat dan seimbang. Mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, kini pemilik kucing lebih leluasa membelai hewan peliharaannya tanpa cemas terjilat. Punya 4 varian rasa lezat yang cocok di lidah kucing, dapatkan Muezza dengan memesannya di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia [tmi]

Sumber: Merdeka

admpintas

Read Previous

Tak Ada Kata Tunda, Jokowi Pastikan PON Papua Berlangsung Sesuai Jadwal

Read Next

Saat Buron, Djoko Tjandra Akui Minta Tolong Eks PM Malaysia Najib Razak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *