Orang yang Divaksin Tak Lagi Membawa Virus


Suara.com – Dalam uji klinis terkontrol, vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna telah terbukti dapat melindungi dari Covid-19 dan melindungi orang menyebarkan virus. Dalam hal ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengumumkan bahwa studi barunya menunjukkan keefektifan vaksin juga bertahan di dunia nyata.

“Bahwa orang yang divaksinasi tidak membawa virus,” ujar Direktur CDC Rochelle P. Walensky, MD kepada Health.

Penelitian dari CDC melibatkan 3.950 personel perawatan kesehatan, penanggap pertama, dan pekerja penting yang pekerjaannya menempatkan mereka pada risiko lebih besar terinfeksi virus. Dari para pekerja ini, 2.479 (62,8 persen) menerima dosis yang direkomendasikan baik dari vaksin Pfizer atau Moderna dan 477 (12,1 persen) hanya menerima satu dosis.

Melansir dari Health, selama 13 minggu antara 14 Desember 2020 hingga 13 Maret 2021, CDC secara rutin menguji para pekerja untuk Covid-19. Tes dilakukan setiap minggu dan segera setelah seseorang mulai merasakan gejala potensial virus.

Baca Juga:
Wagub DKI Sebut Pemprov Terus Genjot Vaksinasi Covid-19 Lansia

Risiko infeksi berkurang hingga 90 persen di antara mereka yang divaksinasi penuh. Vaksinasi satu dosis juga memberikan manfaat perlindungan, mengurangi risiko infeksi hingga 80 persen dua minggu setelah menerima dosis pertama.

Pengurangan risiko ini tidak hanya untuk infeksi bergejala, tetapi juga infeksi asimtomatik dan pra-gejala.

“Studi ini menunjukkan bahwa upaya vaksinasi nasional kami berhasil. Vaksin mRNA Covid-19 resmi memberikan perlindungan dunia nyata,” kata Dr. Walensky dalam sebuah pernyataan.

Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)

Lalu apakah vaksin juga menurunkan risiko penularan?

“Seperti yang dikatakan direktur CDC, studi baru ini memberikan bukti dunia nyata yang menunjukkan bahwa jika Anda divaksinasi penuh, Anda hampir tidak dapat terinfeksi virus atau sebagai vektor penyebaran,” ujar Amesh A. Adalja, MD, peneliti senior di Johns Hopkins Center for Health Security.

BACA JUGA  Hujan lebat mengguyur Desa Harkat Jaya -- salah satu desa di Kecamatan Sukajaya,...

Baca Juga:
Kepala Dinas Kesehatan DKI Ungkap 48 Persen Lansia Belum Divaksin Covid-19

Meski begitu, CDC masih merekomendasikan agar orang yang divaksinasi penuh mengikuti pedoman keamanan Covid-19 yang mencakup menghindari pertemuan berskala sedang atau besar dan mengenakan masker di depan umum.

“Data awal menunjukkan bahwa vaksin dapat membantu mencegah orang menyebarkan Covid-19, tetapi kami masih belajar lebih banyak karena semakin banyak orang yang divaksinasi,” kata badan tersebut.



Source link

admpintas

Read Previous

Mesir Gelar Pawai Pemindahan 22 Mumi Firaun ke Museum Baru

Read Next

Akses Jalan Terputus, 40 Rumah di Kecamatan Ile Boleng Tertimbun Longsor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *