Penderita Covid-19 Alami Gejala Ini, Segera Rujuk ke Dokter


Suara.com – Penyebaran Covid-19 terjadi adanya gejala ringan dan sedang yang cukup mengganggu. Hal ini diungkap oleh Dr. dr. Anna Rozaliyani, M. Biomed, Sp.P (k), yang mengatakan walaupun gejala yang tadinya tidak ada keluhan, namun sebaliknya ada keluhan yang signifikan.  

“Memang gejala Covid-19 itu tidak semuanya berat, yang beratnya itu 20 persen. Tapi gejala ringan sampai sedang itu cukup mengganggu, yang tadinya tidak ada keluhan tapi ada keluhan yang signifikan,” ungkapnya, Minggu (11/4/2021).

Ia mengimbau agar hati-hati ketika sedang merasakan gejala. Terlebih jika berkepanjangan agar segera kunjungi ke dokter.

“Biasanya, saya selalu menyampaikan ini harus hati-hati. Kalau satu atau dua hari makin memburuk, harus ke rumah sakit atau diperiksakan lewat PCR,” jelasnya dalam webinar ‘Refleksi Satu Tahun Pandemi Covid-19’.

Baca Juga:
MUI: Pasien Covid-19 Bergejala Ringan Wajib Berpuasa, Tapi Ibadah di Rumah

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Dr. Anna Rozaliyani mengatakan, meski virus tersebut seperti flu biasa, namun kondisi yang berisiko akan mengalami gejala berat. Seperti gagal napas, diabetes, jantung, dan penyakit kronik lain.

Selain itu, kelelahan yang berlebihan juga merupakan risiko gejala Covid-19, ditambah imunitas tubuh yang menurun.

Ia mengatakan, Covid-19 merupakan penyakit seribu satu wajah. Ia menghimbau jangan tertipu jika tidak merasakan gejala demam maupun batuk. Karena virus tersebut saat masuk ke saluran napas, virus akan menempel di reseptor ACE 2.

“Reseptor ini hampir ada di semua organ tubuh kita. Jadi gejalanya bisa menyerupai macam-macam,” tutupnya.

Baca Juga:
Stok Terbatas, Vaksinasi Covid-19 Akan difokuskan Untuk Lansia dan Guru



Source link

BACA JUGA  Cara Mendapatkan Uang dari YouTube, Ini yang Perlu Dilakukan

admpintas

Read Previous

Sidang Isbat Awal Ramadhan 1442H/2021M

Read Next

Malam Ini Sudah Bisa Tarawih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *