Simak Tips Pertahankan Pola Makan Sehat Saat Lebaran

Suara.com – Umat Muslim di seluruh dunia segera menyambut Hari Raya Idulfitri, setelah sebulan penuh menjalakan ibadah puasa. Pada hari raya tersebut, umat Muslim akan merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menahan lapar dan dahaga.

Tidak heran jika disambut dengan suka cita, dan penuh persiapan. Tidak hanya baju spesial, berbagai jenis hidangan seperti kue dan menu andalan juga ikut meramaikan suasana Hari Raya Idulfitri. 

Ragam hidangan yang tersedia umumnya seperti nastar, ketupat sayur, opor ayam, gulai sapi, sate kambing dan sebagainya.

Kendati demikian, untuk merayakan kemenangan tentu tidak boleh menjadi alasan untuk mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan dan melupakan makanan sehat yang biasa dikonsumsi.

Baca Juga:
Dari Dua Gardu Tol, Polda Metro Putar Balik 3.391 Kendaraan Pemudik

Kunci utama agar tetap sehat saat merayakan Idulfitri adalah dengan menghidangkan menu makanan serta cemilan yang sehat pula.

Founder Serasa Salad Bar Fitriani Rahmah membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar pola makan sehat tetap bisa dipertahankan saat Hari Raya Idulfitri.

“Boleh saja mengonsumsi makanan itu semua, boleh makan opor tapi jangan lupa makan sayurnya juga. Anda bisa selipkan sayuran-sayuran kukus sebagai menu pendampingnya, yang penting sayuran itu harusnya, konsumsi makanan tinggi serat itu sangat penting,” ujar Fitri dalam acara Ngabuburit Tokopedia dengan tema “Tren Belanja Online dan Inspirasi Makanan Sehat Jelang Lebaran”, Jumat (7/5/2021) kemarin.

Selain itu, lanjut Fitri, Anda bisa juga membeli atau membuat kue-kue keringa yang gluten free. “Biar lebih sehat dan aman juga kan buat percernaan. Anda bisa bikin sendiri,” ujarnya.

Tips selanjutnya adalah kurangi atau ganti minuman yang manis dengan minuman yang lebih sehat. Umumnya, sebagai pelengkap hidangan makanan dan minuman manis akan disediakan saat Lebaran. Anda perlu membatasi makanan dan minuman jenis ini. Terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis hanya akan meningkatkan kadar gula darah Anda.

BACA JUGA  Disita KPK, Aset Terpidana Djoko Susilo Mau Dijadikan Kantor BPN DKI

Baca Juga:
Berburu Diskon di Pasar Baru Jelang Lebaran

“Misalnya biasanya kan minum sirup, nah itu bisa diganti dengan minuman dari perasan air jeruk kan. Lebih sehat lalu manisnya juga manis alami dari buah,” katanya.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan.
Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan.
Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan
KLIK DI SINI!



Source link

admpintas

Read Previous

Sekeluarga Covid-19, Tika Ramlan Hampir Kehilangan Sang Ibu

Read Next

Kemenkes Pastikan 160 WN China yang Tiba di RI Dikarantina 5 Hari dan PCR Dua Kali

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *