CEK FAKTA: Hoaks, Kapal Indonesia Dikejar Kapal dan Helikopter Malaysia

Merdeka.com – Beredar informasi kapal Indonesia dikejar kapal milik Malaysia. Kabar tersebut beredar di media sosial.

hoaks kapal indonesia dikejar kapal malaysia
istimewa

Dalam video berdurasi 6 menit 52 detik tertulis judul “Heboh ,KAPAL TNI AK INDONESIA DIKEJAR OLEH KAPAL DAN HELIKOPTER MALAYSIA DI WILAYAH SENDIRI“.

Penelusuran

Hasil penelusuran merdeka.com, informasi dalam video yang menyebut kapal Indonesia dikejar kapal Malaysia di wilayah perairan dalam negeri adalah hoaks.

Dalam video serupa yang diunggah akun Youtube detik.com berjudul “Kapal Patroli Indonesia Diteror Pasukan Malaysia saat Tangkap Ilegal Fishing” pada 10 April 2019, dijelaskan bahwa kapal Indonesia menangkap ilegal fishing yang dilakukan kapal Malaysia.

hoaks kapal indonesia dikejar kapal malaysia
istimewa

“Sebuah video yang memperlihatkan kapal patroli Maritim Malaysia coba mengintervensi penangkapan kapal yang diduga melakukan illegal fishing oleh pihak KKP. Kapal patroli maritim Malaysia terus mengikuti kapal yang diamankan oleh pihak KKP hingga masuk perairan Indonesia.”

Dalam video juga dituliskan narasi sebagai berikut:

“Kapal KKP Hiu, dia memang melaksanakan penangkapan terhadap dua kapal asing Malaysia di Selat Malaka. Intinya, ini kan sama-sama mengklaim ya, kita sebagai negara yang berdaulat harus menangkap kapal ikan asing yang melakukan illegal fishing di perairan kita, makanya KKP melakukan penangkapan dan membawa kapal itu ke Belawan. Nah berdasarkan kejadian itu, Malaysia mengklaim bahwa itu adalah wilayah Malaysia akhirnya, sebetulnya itu hanya negosiasi saja Polisi Maritim Malaysia,” kata Letkol Laut (P) Agung Nugroho Kadispen Koarmada I.

Kesimpulan

Video kapal Indonesia di kejar kapal Malaysia di perairan wilayah dalam negeri adalah hoaks. Video diambil saat kapal Indonesia menangkap kapal ikan Malaysia yang melakukan illegal fishing di perairan Indonesia. Kemudian kapal Malaysia mengejar kapal Indonesia untuk negosiasi agar bisa melepaskan kapal tersebut.

BACA JUGA  Sadis, Ini 8 Eksperimen Hewan Tergila Sepanjang Sejarah 

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Sumber: Merdeka

admpintas

Read Previous

Perusahaan Ini Bikin Aksesori Unik Bibir dan Dagu, Harganya Bikin Kaget : Okezone Lifestyle

Read Next

Kondisi Membaik, Christian Eriksen Ucapkan Terima Kasih dan Janji Takkan Menyerah : Okezone Bola

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *