Pengamat: Gedung Cyber I Urat Nadi Layanan Digital di Indonesia

Merdeka.com – Kebakaran Gedung Cyber I menjadi pelajaran tersendiri untuk mengamankan data center ketika terjadi bencana. Direktur ICT Institute, Heru Sutadi mengatakan kebakaran yang terjadi berdampak terhadap lalu lintas internet.

Masalahnya, banyak pengelola data center menaruh perangkatnya di sana, apalagi di gedung tersebut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) meletakkan Indonesia Internet Exchange (IIX) di gedung tersebut.

“Banyak ISP terkoneksi ke sini. Bilamana tidak ada link alternatif ke IIX lain, akses internet akan mengalami hambatan bahkan tidak bisa diakses,” kata Heru dikutip dari Liputan6.com, Jumat (3/12).

Dilanjutkannya, perlu ada beberapa alternatif trafik ke beberapa IIX agar aksesnya tetap menyala. Tidak hanya itu, Heru juga mengatakan perlunya penempatan disaster recovery center di tempat lain, bahkan apabila dimungkinkan bisa di lain pulau dengan lokasi yang berbeda. Beruntung, IIX yang dimiliki APJII tidak terjadi masalah.

“Dan tentu kita harus sepakat bahwa ini bukan sekadar kebakaran gedung, tapi salah satu urat nadi internet dan layanan digital di Indonesia,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Umum APJII, Muhammad Arif Angga mengatakan, sejauh ini data center yang dimiliki oleh asosiasi tersebut jauh dari obyek kebakaran.

“Sejauh ini data center APJII aman, tapi kita belum bisa masuk ke dalam. Kita harus cek juga secara fisik. Kebetulan data center kita tidak di lantai tersebut,” ungkapnya kepada Merdeka.com, Kamis (2/12).

Namun, kata pria yang karib disapa Angga ini, di lantai dua obyek yang terbakar itu ada data center milik Cyber Data Center (CDC) Internasional. Tetapi belum diketahui bagaimana kondisi fisik data center milik CDC Internasional tersebut. [faz]

Sumber: Merdeka

admpintas

Read Previous

Kementerian Komunikasi dan Informatika

Read Next

Ibu Mertua Inul Daratista Meninggal, Ini Pesan yang Paling Diingat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *