Vinkmag ad

Masa Kampanye Hanya 75 Hari, KPU: Mengurangi Perpecahan Masyarakat : Okezone Nasional

https: img.okezone.com content 2022 06 13 337 2610965 masa-kampanye-hanya-75-hari-kpu-mengurangi-perpecahan-masyarakat-aX1y54PNvg.jpeg

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkap alasan Kampanye Pemilu 2024 hanya akan digelar 75 hari, yakni untuk mengurangi potensi terjadinya perpecahan antar masyarakat.

“Ini menjadi evaluasi kami pada pemilu tahun 2019 soal konflik di tengah masyarakat, kemudian adanya pembelahan,” kata anggota KPU RI Parsadaan Harahap di Jakarta Senin, (13/6/2022).

Secara teknis, kata Parsadaan, kebijakan ini akan sangat membantu penyelenggara dan peserta pemilu.

“Untuk kemudian bisa melalui proses kampanye itu dengan tidak menimbulkan dampak dampak atau efek-efek yang bisa merugikan,” ucapnya.

Menurutnya, keputusan itu juga tidak serta merta hadir, melainkan sudah melalui melewati berbagai pertimbangan.

“Sebenarnya kan 75 hari itu lahir, muncul, tidak serta merta, ada beberapa kajian di sana, tidak hanya soal misalnya aspek yang disampaikan tadi,” katanya.

Parsadaan juga meyakini bahwa keputusan masa kampanye selama 75 hari itu sudah memberikan rasa keadilan untuk semua peserta pemilu.

“Tapi kami meyakini ini sudah memberikan rasa keadilan ke semua pihak, dalam hal ini peserta pemilu.”


Sebelumnya, Partai Buruh melaporkan KPU kepada Bawaslu RI soal kampanye 75 hari yang ada di Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan Pemilu 2024.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal menilai, masa kampanye yang pendek tersebut berdampak negatif bagi partai nonparlemen, karena waktu itu memperkenalkan diri kepada masyarakat pemilih juga terbatas.

“Masa kampanye 75 hari ya tidak adil, kalau partai parlemen yang sudah ada sih dia sudah dikenal, nonparlemen sebagian sudah dikenal, tapi partai baru kan belum,” katanya.

Sumber: Okezone

Vinkmag ad

Read Previous

WNA Bekerja dari Indonesia Bakal Dapat Visa Digital Nomad

Read Next

Pedagang dan Pembeli Nasgor Dibegal di Bekasi, HP Dirampas usai Ditodong Celurit