Vinkmag ad

4 Cara Mengatasi Bau Miss V Tak Sedap, Ladies Wajib Baca! : Okezone health

$detail[

BAU tak sedap pada miss V kerap menganggu rasa percaya diri pada wanita. Apalagi, bau tak sedap tersebut bisa menjadi pertanda adanya masalah dengan kesehatan Miss V alias vagina.

Bau tak sedap miss V merupakan kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Vagina dapat dikatakan memiliki bau yang normal bila tidak mengeluarkan aroma yang menyengat atau tercium bau asam.

Namun, bau vagina akan sedikit tajam selama menstruasi, menopause, dan saat hamil. Meski begitu, Anda perlu waspada jika vagina berbau tidak sedap disertai dengan gejala lain, seperti nyeri, gatal, atau keputihan.

Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya infeksi atau masalah kesehatan lain pada area kewanitaan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi bau tak sedap pada miss V?

 

1. Menjaga area kewanitaan kering

Area kewanitaan sebaiknya tetap kering. Para wanita disarankan menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat.

Kondisi ini dapat meningkatkan kelembapan pada daerah kewanitaan yang dapat memicu infeksi dan berkumpulnya bakteri.

Hal tersebutlah yang menjadi penyebab gangguan kesehatan pada miss V yang juga dapat menyebar ke infeksi leher rahim. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menggunakan pakaian dalam berbahan katun.

 BACA JUGA:6 Penyebab Miss V Bau saat Berhubungan Seks, Pasutri Wajib Tahu!

2. Menjaga kebersihan miss V

Para wanita disarankan menjaga kebersihan miss V, salah satunya dengan membasuh vagina dari depan ke belakang setelah buang air. Hal ini penting dilakukan agar bakteri yang ada di sekitar anus tidak masuk ke dalam vagina. Cara ini juga dapat menurunkan risiko infeksi salurah kemih.

3. Membersihkan miss V menggunakan sabun khusus

Para wanita juga dianjurkan untuk menggunakan sabun berbahan lembut untuk membersihkan vagina. Selain itu, rutin mengganti pembalut saat menstruasi juga penting dilakukan untuk mencegah pertumbuhan jamur yang dapat memicu timbulnya berbagai masalah.

BACA JUGA  Tunggu Lampu Hijau Kemenhub, Ojol Baru Bisa Beroperasi : Okezone Economy

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun pembersih khusus kewanitaan yang mengandung wewangian. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang menggunakan cairan pembersih vagina akan merasa lebih bersih dan percaya diri.

Namun, sebelum Anda menggunakannya, perlu diketahui bahwa salah satu risiko yang dapat muncul akibat pemakaian pembersih vagina adalah berkurang atau melemahnya bakteri baik pada vagina, sehingga infeksi pun lebih mudah terjadi.

Oleh karena itu, konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk mengetahui manfaat dan risiko pemakaian cairan pembersih vagina.

4. Menggunakan daun sirih

Khasiat daun sirih (betel leaf) sudah digunakan sejak zaman dahulu hingga saat ini. Bahkan, daun sirih telah dikenal sebagai tanaman dengan segudang manfaat.

Selain manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, tanaman merambat yang satu ini juga populer untuk mengatasi berbagai masalah terkait kemaluan wanita atau miss V.

Sejauh ini, tidak ada penelitian yang secara langsung menyebutkan bahwa daun sirih bisa menghilangkan bau pada kemaluan wanita.

Namun, beberapa penelitian menemukan fakta bahwa daun sirih memiliki fungsi antibakteri.

Jika digunakan dengan benar, daun sirih diyakini dapat membunuh berbagai faktor penyebab keputihan tak normal, seperti bakteri, jamur, virus, dan protozoa.

Selain itu, kandungan fenol (karvacrol) dan fenilpropana (eugenol dan kavikol) dalam minyak atsiri daun sirih berfungsi sebagai antiseptik (bakterisida dan fungisida) yang sangat kuat.

Air rebusan daun sirih juga diyakini ampuh menghilangkan gatal pada vagina dan membantu menjaga keseimbangan pH (keasaman) vagina agar terhindar dari jamur Candida albicans penyebab keputihan.

Sumber: Okezone

Vinkmag ad

Read Previous

10 Pembalap MotoGP 2022 yang Pernah Naik Podium di Sirkuit Motegi, Nomor 1 Marc Marquez Paling Gacor : Okezone Sports

Read Next

Tawarkan Cita Rasa Pedas Manis, Keripik Singkong Sanjai Ini Begitu Laris Manis