Vinkmag ad

Bentuk Gerakan dan Posisi Tangan saat Memantul Bola Basket : Okezone Sports

https: img.okezone.com content 2022 09 22 36 2673094 bentuk-gerakan-dan-posisi-tangan-saat-memantul-bola-basket-1PAEQ1996Y.jpg

BENTUK gerakan dan posisi tangan saat memantul bola basket menarik dikulik. Sebab, ini jadi salah satu teknik penting dalam bermain bola basket agar hasil manis bisa diraih.

Memantulkan bola basket adalah salah satu gerakan penting pada saat menggiring bola. Menggiring atau dribbling adalah salah satu teknik awal dalam permainan bola basket.

Selain dribbling, teknik awal lainnya adalah mengoper atau passing, rebound, gerak memutar atau pivot, dan menembakkan bola (shooting). Kali ini, Okezone akan mengulas lebih dalam tentang posisi dan bentuk gerakan tangan pada saat dribbling bola basket.

BACA JUGA:

Sebelum membahas lebih jauh, kini akan dijelaskan terlebih dulu tentang pengertian dribbling. Pengetahuan dalam menggiring bola dalam permainan bola basket yang berarti gerakan memantul-mantulkan bola pada lantai dengan satu tangan. Gerakan tersebut bisa dilakukan saat berjalan atau berlari.

BACA JUGA:

Dikutip dari laman resmi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), Jumat (22/9/2022), dribble adalah skill yang harus dikuasai oleh atlet basket. Dribbling adalah salah satu teknik dalam bola yang dipakai untuk melewati penjagaan lawan saat situasi menyerang.

Dribble tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebab, menggiring bola lebih dari tiga langkah tanpa memantulkannya sama sekali dapat dinyatakan sebagai pelanggaran.

Teknik memantul-mantulkan bola atau dribbling di dalam permainan bola basket dilakukan hanya menggunakan satu tangan. Posisi tangan saat memantulkan bola adalah jari-jari, bukan dengan telapak tangan.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan tentang urutan gerak memantul-mantulkan bola dalam permainan bola basket.

Bentuk Gerakan dan Posisi Tangan saat Memantul Bola Basket

Cara Melakukan Dribble Bola Basket

1. Posisi kepala harus terangkat, pandangan fokus pada situasi sekitar dan lapangan. Jangan Anda melihat bolanya.

BACA JUGA  Dian Sastro Pajang Foto bareng Nana Mirdad, Netizen: Duo Vampir Semakin Muda : Okezone Celebrity

2. Apabila tangan yang dilakukan untuk dribble bola adalah tangan kanan, kaki yang menginjak di depan adalah kaki kiri, begitu pun sebaliknya.

3. Regangkanlah tangan dan lenturkan pergelangan tangan untuk memantulkan bola ke lantai lapangan.

4. Menggunakan jari untuk menguasai bola, bukan dengan telapak tangan.

5. Jangan memantulkan bola dengan sangat tinggi pada saat dribble.

6. Gunakan bagian tubuh lainnya dan tangan yang tak memegang bola untuk menjagai bola.

Sumber: Okezone

Vinkmag ad

Read Previous

Tenaga Kesehatan dan Guru PNS di Garut Galau Utang Iuran BPJS 2 Tahun, Ini Sebabnya

Read Next

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Gugat Cerai Suaminya, Ini Profilnya : Okezone News