Vinkmag ad

Shin Tae-yong Ajarkan Pemain Timnas Indonesia Main Bola Menggunakan Otak : Okezone Bola

https: img.okezone.com content 2022 10 08 51 2683267 shin-tae-yong-ajarkan-pemain-timnas-indonesia-main-bola-menggunakan-otak-nEwOIIUluw.jpg

SHIN Tae-yong ajarkan pemain Timnas Indonesia main bola menggunakan otak menarik dikulik. Sebab, hal ini tentunya jadi salah satu cara Shin Tae-yong dalam membawa Timnas Indonesia makin berkembang seperti sekarang ini.

Shin Tae-yong sendiri memang dikenal memiliki cara melatih berbeda dengan pelatih pada umumnya. Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan diketahui kerap mengingatkan para pemainnya untuk bermain cerdik.

Shin Tae-yong tak mau pemainnya hanya mengandalkan fisik semata. Hal ini selalu ditekankan Shin Tae-yong dalam sesi latihan.

Pada beberapa kesempatan, Shin Tae-yong juga memberikan contoh cara bermain bola menggunakan otak. Salah satunya adalah laga saat melawan Vietnam di pembuka Grup A Piala AFF U-19 2022.

BACA JUGA:

Dalam laga itu, Timnas Indonesia sendiri diketahui harus mengakhiri laga dengan skor imbang 0-0. Usai laga, pelatih berusia 52 tahun itu membeberkan penyebab kekalahan Skuad Garuda dalam laga itu lantaran kurangnya komunikasi dan kecepatan dalam mengambil keputusan.

BACA JUGA:

Bagi Shin Tae-yong, memainkan bola menggunakan otak sangat penting dilakukan dalam sepakbola modern ini. Pasalnya, di permainan sepakbola saat ini, pemain tak hanya bisa mengandalkan fisik.

“Fokus saat latihan, bicara, dan nikmati saja. Pas laga kemarin (lawan Vietnam) kalian juga pasti merasakan, kenapa finishing-nya enggak bisa,” ujar Shin Tae-yong, mengutip dari YouTube PSSI, usai laga melawan Vietnam.

Shin Tae-yong juga mengungkapkan bahwa dalam bermain, pemain harus memahami dengan baik waktu-waktu yang tepat untuk mengolah bola. Pemain harus memahami waktu untuk passing hingga mengambil keputusan menjebol gawang lawan.

“Main bola ada timing-nya, kapan passing, ada waktu kapan dribble. Pemain harus berpikir cepat, itu insting kalian yang bekerja,” imbuh pelatih yang pernah mengomandoi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

BACA JUGA  Tak Lagi Gratis! Tol Sigli-Banda Aceh Resmi Berbayar Hari Ini, Berikut Tarifnya : Okezone Economy

Timnas Indonesia U-19

Pesan yang kerap disampaikan Shin Tae-yong pun sedikit mengubah gaya bermain Timnas Indonesia di berbagai laga yang dimainkan. Salah satunya, Skuad Garuda Nusantara bisa menang dengan skor 7-0 atas Brunei Darussalam dan kerja sama pemain terlihat lebih baik dibanding lawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022.

Tak hanya itu, berkat bermain menggunakan otak, banyak perkembangan kemampuan lainnya yang mampu membawa prestasi. Salah satunya adalah skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2023 yang akan digelar tahun depan.

Sumber: Okezone

Vinkmag ad

Read Previous

Berkacamata Hitam, Begini Gaya Bule Dievakuasi Tim SAR Imbas Banjir Seminyak Bali

Read Next

Baru Menjadi Anak Kos? 4 Barang Ini Wajib Banget untuk Dimiliki